Daftar ★乇♏ρє®Ѻя™★ Blog

Jumat, 05 Agustus 2011

Arti Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

 
   Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Ideologi berasal dan kata ideo, artinya cita-cita dan logy berarti pengetahuan/ilmu/paham. Menurut W.Whete, ideologi adalah cita-cita politik/doktrin/ajaran suatu lapisan masyarakat atau kelompok manusia yang berbeda-beda. Menurut Horal H. Titus, ideologi adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi, filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu rencana yang sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok masyarakat.
     Ide berarti rancangan/gagasan/cita-cita yang disusun dalam pikiran, ideologi berarti kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Sedangkan ideologi politik adalah sistem kepercayaan yang membenarkan suatu tatanan politik yang ada/yang dicita-citakan oleh negara (ideologi negara).
     Ideologi negara termasuk dalam golongan pengetahuan sosial tepatnya ilmu politik. Jika diterapkan pada Pancasila, Pancasila ialah basil usaha pemikiran manusia Indonesia untuk mencari kebenaran, yang seirama dengan ruang dan waktu. Hasil pemikiran ini keinudian dituangkan rumusan kalimat yang bermakna bulat, utuh untuk dijadikan dasar, asas, pedoman, norma hidup, dan kehidupan bersama dalam rangka membangun Indonesia Merdeka.
Jadi Pancasila adalah ideologi yang dianut oleh negara, pemerintahan, rakyat Indonesia secara keseluruhan. Sebagai dasar falsafah atau dasar kerohanian negara, yang merupakan cita-cita bangsa, Pancasila harus diamalkan dalam penyelenggaraan hidup kenegaraan, kebangsaan, dan kemasyarakatan.

      Pancasila sebagal Ideologi Terbuka

Sumber semangat ideologi terbuka sebenarnya terdapat dalam Penjelasan Umum UUD 1945 yang menyatakan seperti di bawah ini.
a. Terutama bagi negara baru dan negara muda, lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok, sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok ini diserahkan kepada undang-undang yang lebih mudah cara membuatnya, mengubahnya, dan mencabutnya.
b. Yang sangat penting dalam pemerintahan dan dalam hidup negara ialah semangat, semangat penyelenggara negara, semangat para pimpinan pemerintahan.

     Pengertian Ideologi Terbuka
Ideologi terbuka ialah pandangan hidup bangsa yang selain mempunyai nilai dasarjuga mempunyai kemampuan berkembang secara dinamis. Nilai dasar ialah Pancasila, yakni tentang cita-cita, tujuan, serta lembaga penyelenggara negara utama (MPR, DPR, Presiden, DPA, MA, dan BPK) termasuk tata hubungan antar lembaga serta tugas dan wewenangnya yang bersifat tetap sepanjang zaman.
Nilai dinamis (instrumental) adalah UUD mencakup arahan, kebijaksanaan, strategi, sasaran, serta lembaga pelaksanaannya (departemen, ditjen, gubernur, dan lain-lain) yang dapat disesuaikan dengan kehendak zaman.
Nilai praksis adalah pelaksanaan nyatadari nilai instrumental, seperti pemilihan umum dan demokrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar